• Login
  • Destinasi

    Rekomendasi Aktivitas Seru di Desa Wisata Karangrejo

    Sobat Digi, masih ingat kan dengan film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Bukan hanya kisah asmara Rangga Cinta yang menarik perhatian para penonton, beberapa lokasi syuting film tersebut juga berhasil membuat penonton salah fokus dengan keindahan alam yang disajikan. Contohnya adalah Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam yang berlokasi di Desa Wisata Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah.

    Lokasinya yang dekat dengan Candi Borobudur, Desa Wisata Karangrejo menyimpan banyak daya tarik yang harus Sobat Digi explore. Kali ini DigiMin akan merangkum beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan Sobat Digi saat berkunjung ke Desa Wisata Karangrejo.

    1. Napak Tilas Perjalanan Rangga Cinta di Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam

    Punthuk Setumbu memiliki arti bukit yang berbentuk sepeti tumbu (tempat nasi dari anyaman bambu). Puncak Punthuk Setumbu berada di ketinggian 400 mdpl. Dari atas puncak, Sobat Digi bisa menikmati kemegahan Candi Borobudur dikelilingi dengan barisan Perbukitan Menoreh dan pepohonan hijau. Punthuk Setumbu juga menjadi lokasi favorit untuk melihat sunrise dengan istilah “Borobudur Nirwana Sunrise”. Kemegahan Candi Borobudur, keindahan matahari terbit, dan kabut-kabut tipis di sekitarnya menciptakan pemandangan yang begitu menawan.  Untuk mencapai puncak bukit, Sobat Digi harus melakukan tracking sejauh 300 meter. Namun, rasa lelah yang dirasakan akan terbayar lunas dengan pemandangan alam yang siap menyambut. 


    Sumber: https://www.brobali.com/2016/01/punthuk-setumbu-wisata-indah-di-magelang.html

    Gereja Ayam adalah bangunan ikonik yang berbentuk seperti ayam sedang mengerami telur. Gereja Ayam juga disebut sebagai Rumah Doa Bukit Rhema. Jadi, lokasi ini bisa dikunjungi siapa saja dan di dalamnya juga terdapat ruang ibadah untuk berbagai agama. Selain itu, Sobat Digi bisa melihat-lihat berbagai lukisan indah dan sarat makna. Beberapa dari lukisan tersebut adalah hasil karya para peserta yang pernah melakukan rehabilitasi di Gereja Ayam. Kemudian, di lantai teratas atau di bagian paruh ayam, Sobat Digi bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah sekaligus kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan. Untuk sampai di Gereja Ayam, Sobat Digi hanya perlu berjalan selama 5 menit dari area parkir.

    Sumber: https://www.pegipegi.com/travel/5-fakta-gereja-ayam-tempat-cinta-dan-rangga-melepas-rindu-di-aadc-2/

    2.  Berkeliling Desa dengan Berbagai Jenis Transportasi

    Sobat Digi yang ingin mencoba aktivitas santai dan anti-capek bisa mencoba keliling desa dengan naik andong atau delman. Pak kusir akan membawa Sobat Digi berkeliling desa dengan rute persawahan yang damai dan sejuk. Selain andong, Sobat Digi juga bisa mencoba transportasi lain seperti mobil klasik Volkswagen atau VW. Sobat Digi akan diajak menikmati suasana desa yang asri dari atas mobil klasik yang unik. Untuk Sobat Digi yang ingin merasakan aktivitas keliling desa dengan lebih menantang bisa memilih Jeep Off Road sebagai tunggangan. Sensasi seru dan menantang medan terjal dan berkelok pasti akan memacu adrenalin Sobat Digi.

     

    Sumber: https://jatenglive.com/tampil-berita-detail/Desa-Wisata-Karangrejo-dan-Keindahan-Alamnya

    3.   Belajar Pertanian Organik

    Sebagai desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, Desa Wisata Karangrejo menawarkan pengalaman bagi Sobat Digi untuk belajar menjadi petani. Sobat Digi bisa secara langsung bercocok tanam di kebun warga. Selain itu, Sobat Digi akan mendapat ilmu tentang pertanian organik yang bisa menjadi inspirasi sobat digi untuk memulai bercocok tanam organik di rumah. 


                                        Sumber: https://www.bahanatour.net/2019/09/desa-wisata-karangrejo-magelang-yang.html

    4.  Melihat Proses Produksi Produk Khas Desa Wisata Karangrejo

    Kunjungan ke home industry juga menjadi salah satu list yang wajib dilakukan Sobat Digi saat berkunjung ke Desa Wisata Karangrejo. Terdapat banyak pilihan industri rumahan yang dikelola langsung oleh masyarakat. Mulai pembuatan gula jawa, keripik singkong, hingga miniatur Candi Borobudur. Selain melihat-lihat, Sobat Digi juga bisa belajar proses pembuatannya secara langsung. Produk-produk tersebut tentunya bisa menjadi buah tangan yang wajib Sobat Digi bawa pulang.

     

    Sumber: https://metrojateng.com/foto-geliat-perajin-gula-merah-borobudur-menjaga-warisan-leluhur/

    5.  Menginap di Homestay Level Internasional

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memuji homestay Desa Wisata Karangrejo sebagai penginapan terbaik berkelas dunia. Gaya arsitektur tradisional dengan mengangkat rumah joglo memberi kesan vintage dan otentik. Selain itu, berbagai fasilitas modern juag diberikan untuk menunjang kenyamanan bagi pengunjung. Kamar-kamar yang bersih dan suasana desa yang sejuk dan asri pasti akan membuat Sobat Digi betah. Harga yang ditawarkan juga bisa disesuaikan dengan budget Sobat Digi, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah per malam.

     

    Sumber: https://travel.kompas.com/read/2021/03/17/070700827/homestay-di-balkondes-karangrejo-borobudur-disebut-sandiaga-terbaik-di-dunia?page=all

    Nah, sepertinya cukup rekomendasi dari DigiMin. Tetapi, masih banyak lho aktivitas seru lainnya di Desa Wisata Karangrejo. Daripada penasaran cepat-cepat cek jadwal kosongnya dan meluncur ke Desa Wisata Karangrejo.

    Oh ya, jangan lupa pesan tiket Desa Wisata Karangrejo di DigiTiket. Mudah cepat dan tanpa ribet. DigiTiket menyediakan tiket dengan berbagai pilihan paket. Untuk informasi lebih lengkap, Sobat Digi bisa menuju tautan berikut.

    Kapan lagi jalan-jalan sekaligus belajar di desa wisata bersertifikasi nasional. Jangan lupa ya, ajak keluarga, sahabat, teman kantor, teman nongkrong biar makin seru! Kalau mau ajak DigiMin juga boleh…



    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.