• Login
  • Desa Wisata

    Kerajian Gerabah Tertua di Desa Wisata Penunjak

    Halo sobat Digi, kali ini digimin mau ngajak kalian ke salah satu desa yang memiliki kerajinan gerabah tertua di Pulau Lombok. Kira-kira ada yang tau apa sih nama desanya ? Hmmmm daripada penasaran, cus Digimin kasih tau cekidot !!!

    Sumber : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR9zRP-vZq4QTdBbwEaVYsOAgzXXhnzWyAmzA&usqp=CAU

    Desa Wisata Penunjak merupakan salah satu desa penghasil gerabah tertua di Pulau Lombok, karena hampir semua penduduk disekitar memiliki mata pencarian sebagai seorang pengrajin gerabah. 

    Sumber : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQcfxKOKrEOLp_jgWbJBjvaNYnhjcXYK48Pig&usqp=CAU

    Asal mula kerajinan gerabah ini dimulai dari sebuah ketel atau kendi, yang biasa digunakan sebagai upacara kelahiran, kehidupan sehari-hari dan upacara kematian. Biasanya saat merayakan kelahiran, kendi akan digunakan sebagai tempat penyimpanan tali pusar anak sedangkan ketika digunakan untuk sehari-hari akan dipakai untuk memasak dan yang terakhir saat upacara kematian nantinya kendi akan digunakan untuk memandikan jenazah. Kendi ini dikembangkan karena dianggap untuk dapat mengingatkan kepada sesama manusia, agar tidak sombong dan congkak karena kita akan kembali ke tanah juga.

    Di desa ini pengrajinnya dibagi menjadi tujuh dusun dengan bidang dan keahliannya masing-masing seperti Dusun tongkek dan Dusun kangi sebagai pengrajin gerabah tempat lilin, Dusun Andong sebagai pengrajin gerabah gentong, Dusun Montong dan Dusun Toro sebagai pengrajin gerabah piring, Dusun Terandon sebagai pengrajin kendi dan terakhir Dusun Telage sebagai tempat finishing


    Sumber : brisik.id
    Oia jika berkunjung ke Desa Wisata Penunjak ini, kalian dapat menyaksikan proses pembuatan kerajinan gerabah dimulai dari pematangan tanah, pembentukan, pengeringan hingga proses akhirnya. Walaupun hanya menggunakan alat-alat yang sederhana, pengrajin gerabah mampu loh membuat bentuk-bentuk unik seperti kendi maling yang paling khas.

    Sumber : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSYc8MhYQOU5jhUFnvGyloFzjvebVob6YqnGg&usqp=CAU

    Di Desa Penunjak ini juga terdapat Art Shop atau toko yang menjual berbagai hasil kerajinan gerabah dengan harga bervariatif dari Rp. 30.000 sampai Rp. 200.000 dan juga kalian bisa memesannya sesuai keinginan sendiri. Kualitas yang ditawarkan dari desa ini tak perlu diragukan karena menggunakan tanah liat yang berkualitas sampai-sampai sudah diakui ke taraf internasional. 

    Nah, bagi kalian yang kepo bagaimana sih cara pembuatan suatu kerajinan yang lengkap, gemar mengoleksi, bahkan mau membeli oleh-oleh unik, langsung aja yuk datang ke Desa Wisata Penunjak yang pastinya kalian bisa pesen ke DigiTiket. Oia di website DigiTiket juga ada loh berbagai wisata yang ga kalah seru. Jangan lupa di cek ya !!!

    Leave A Comment