• Login
  • Desa Wisata

    Desa Wisata Kembang Kuning, Desa Indah dan Ramah

    Keindahan pantai dan laut Pulau Lombok sudah menjadi rahasia umum. Keunikan budaya Suku Sasak juga tersohor hingga mancanegara. Namun, tidak banyak diketahui orang, tersimpan potensi wisata di pedalaman Lombok Timur yang menarik untuk dikunjungi. Itulah Desa Wisata Kembang Kuning, Juara 1 Nasional Desa Wisata Kategori Berkembang Tahun 2019.

    Desa Wisata Kembang Kuning berlokasi di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Letaknya di kaki Gunung Rinjani dengan ketinggian 600 – 800 mdpl. Udara sejuk dan panorama pegunungan memberikan sensasi berlibur yang menyegarkan. Desa Wisata Kembang Kuning menawarkan wisata alam dan kearifan lokal bagi setiap wisatawan yang datang berkunjung.

    Sobat Digi, kali ini DigiMin akan mengulas potensi wisata Desa Wisata Kembang Kuning. Destinasi ini bisa menjadi pilihan wisata anti mainstream liburan di Pulau Lombok. Lets check this out…

    Air Terjun Sarang Walet

    Sobat Digi yang hobi tracking dan menyukai wisata alam wajib untuk mengunjungi Air Terjun Sarang Walet di Desa Wisata Kembang Kuning. Air terjun ini bersumber dari mata air pegunungan yang letaknya di bawah tanah. Banyak wisatawan yang menyebut air terjun ini sebagai “extreme waterfall ” karena lokasinya yang cukup ekstrem. Untuk mencapai lokasi, Sobat Digi harus menyusuri lorong atau goa di bawah tanah yang panjangnya kurang lebih 100 meter. Rasa lelah akan segera terbayarkan oleh segarnya air dan sejuknya udara di Air Terjun Sarang Walet.

    Sumber: Facebook Desa Wisata Kembang Kuning

    Tidak hanya Air Terjun Sarang Walet, masih banyak air terjun lain yang wajib Sobat Digi kunjungi di Desa Wisata Kembang Kuning. Seperti Air Terjun Ulem-Ulem, Air Terjun Kokok Duren, Air Terjun Seme Deye, dan Air Terjun Jeruk Manis.

    Belajar Membuat Kopi Tradisional

    Terletak di kaki Gunung Rinjani menjadikan Desa Wisata Kembang Kuning memiliki tanah yang subur. Masyarakat memanfaatkan tanah yang subur dan udara yang sejuk untuk mengembangkan perkebunan kopi. Hal tersebut memunculkan inovasi wisata bagi wisatawan, yaitu belajar membuat kopi secara tradisional.

    Sumber: https://mediaindonesia.com/galleries/detail_galleries/12031-desa-wisata-kembang-kuning

    Sobat Digi akan diajak melihat sekaligus mempraktikkan proses pembuatan kopi mulai dari memilih biji kopi, mencuci biji kopi, menyangrai dan menumbuk bji kopi, hingga mengemas kopi. Semua proses dilakukan secara tradisional dengan peralatan khas, seperti ketete untuk menyangrai dan lisung untuk menumbuk biji kopi. Setelah itu, Sobat Digi bisa menikmati kopi hasil buatan sendiri ataupun membawa pulang sebagai oleh-oleh.

    Jalan-Jalan Menyusuri Sawah

    Hamparan sawah merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Kembang Kuning. Sobat Digi bisa berjalan-jalan menyusuri pematang sawah sambil menyaksikan aktivitas pertanian. Mulai dari budaya menanam padi, membajak sawah dengan sapi, dan panen. Kegiatan ini menjadi favorit karena wisatawan bisa melihat panorama alam dengan lebih dekat.

    Sumber: Facebook Desa Wisata Kembang Kuning

    Bagi Sobat Digi yang tidak ingin jalan kaki, tersedia juga rute bersepeda untuk mengelilingi persawahan di Desa Wisata Kembang Kuning.

    Keramahan dan Kekompakan Masyarakat

    Masyarakat Desa Wisata Kembang Kuning masih melestarikan kearifan lokal mereka hingga saat ini. Kearifan lokal juga menjadi salah satu potensi wisata yang “dijual” kepada para wisatawan. Masyarakat setempat terkenal dengan keramahan dan kehangatannya. Wisatawan diajak berbaur dengan budaya masyarakat setempat. Banyak dari wisatawan yang kerasan dan merasakan hidup sebagai orang desa di Desa Wisata Kembang Kuning.

    Sumber: Facebook Desa Wisata Kembang Kuning

    Kekompakan pemuda Desa Wisata Kembang Kemuning juga menjadi kearifan lokal yang terus dipelihara hingga saat ini. Kekompakan tersebut yang telah membawa Desa Kembang Kuning berkembang menjadi desa wisata yang berprestasi.

    Sobat Digi, itulah ulasan singkat dari DigiMin terkait Desa Wisata Kembang Kuning. Selain poin-poin di atas, masih banyak potensi wisata yang harus Sobat Digi exploreDesa Wisata Kembang Kuning memberikan sensasi wisata yang berbeda dan tidak dapat didapatkan saat berkunjung ke destinasi mainstream lain di Pulau Lombok.

    Tiket Desa Wisata Kembang Kuning bisa dipesan di DigiTiket. Sobat Digi akan diajak menelusuri Desa Wisata Kembang Kuning bersama tour guide pilihan DigiTiket. Untuk informasi lebih lanjut bisa menuju tautan berikut. 


    Leave A Comment