• Login
  • Destinasi

    Wisata Seru di Desa Wisata Senaru

    Halo Sobat Digi! Kalian tahu kan Gunung Rinjani?

    Gunung Rinjani adalah gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Timur. Gunung Rinjani menjadi gunung favorit bagi para pendaki karena keindahan alamnya.

    Ternyata dibalik kepopuleran Gunung Rinjani, terdapat Desa Wisata Senaru yang menjadi salah satu jalur perlintasan pendakian Gunung Rinjani. Desa wisata yang terletak di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara ini menyimpan beragam potensi wisata yang seru dan menarik untuk Sobat Digi explore.

    Apa aja yang ada di Desa Wisata Senaru? Penasaran?

    Tenang, kali ini DigiMin akan memberikan ulasan berbagai aktivitas seru di Desa Wisata Senaru yang bisa menjadi referensi wisata bagi Sobat Digi saat berkunjung ke Pulau Lombok.

    1. Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

    Pesona air terjun memang tidak pernah mati. Suara deru air dan sejuknya udara di sekitar air terjun menjadi “obat” yang bisa menyegarkan kembali fisik dan pikiran yang letih. Desa Wisata Senaru menawarkan wisata alam air terjun yang wajib dikunjungi apalagi untuk Sobat Digi yang menyukai aktivitas alam.

    Pertama adalah Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan memiliki ketinggian 31 meter dari dasar sungai. Konon katanya, Air Terjun Sendang Gile berasal dari mata air yang terdapat di Danau Segara Anakan, yaitu danau kawah di Gunung Rinjani.

    Sumber: https://www.tripadvisor.co.id/LocationPhotoDirectLink-g3475390-d1723009-i167567843-Sendang_Gile_and_Tiu_Kelep_Waterfall-Senaru_Lombok_West_Nusa_Tenggara.html

    Kedua adalah Air Tiu Kelep. Terletak tidak jauh dari Air Terjun Sendang Gile, air terjun ini juga menjadi destinasi favorit wisatawan. Berada di antara rerimbunan pohon, Air Terjun Tiu Kelep menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

    Sumber: https://indonesiatraveler.id/tiu-kelep-salah-satu-air-terjun-terindah-di-indonesia/

    Untuk mencapai dua air terjun tersebut, Sobat Digi harus melewati jalur yang tidak mudah dan cukup melelahkan. Namun, rasa lelah akan segera terbayarkan dengan pemandangan alam dan segarnya air yang terdapat di sana.

    2. Wisata Kebun Kopi Senaru

    Berada di kaki Gunung Rinjani, Desa Wisata Senaru memiliki tanah subur dan udara sejuk yang cocok dimanfaatkan untuk perkebunan kopi. Pemandangan hijaunya kebun kopi yang terhampar dapat dilihat dari ketinggian. Selain itu, Sobat Digi juga bisa melihat Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep dari kejauhan. Di sana terdapat anjungan yang menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan.

    Sumber: https://www.suara.com/lifestyle/2019/11/17/150000/wisata-di-kebun-senaru-tempat-kopi-bertemu-sejuknya-air-terjun?page=all

    Kebun Kopi Desa Senaru merupakan lahan yang dikelola oleh Universitas Mataram sebagai kawasan penelitian. Sebagian besar kopi yang ditanam di perkebunan tersebut adalah jenis kopi robusta. Selain menyajikan pemandangan alam yang indah, Kebun Kopi Senaru juga memberikan kesempatan bagi Sobat Digi untuk belajar pengelolaan perkebunan kopi.

    3. Perkampungan Adat Senaru

    Barisan rumah-rumah tradisional akan menyambut Sobat Digi saat memasuki kampung adat Senaru. Sekilas penampakan rumah-rumah di sana tampak sama. Bangunan rumah terbuat dari kayu dan atapnya berupa ilalang. Bentuk dan ukuran rumah tidak jauh berbeda satu sama lain.  Selain rumah, terdapat juga bangunan lain seperti kendang ternak dan lumbung padi. Keunikan bangunan tradisional tersebut banyak menarik wisatawan.                        Sumber: https://www.piknikdong.com/objek-wisata-desa-senaru-lombok-yang-eksotis.html

    Tidak hanya itu, masyarakat di kampung adat Senaru juga masih mempertahankan adat istiadat. Pada waktu-waktu tertentu masyarakat setempat akan mengadakan upacara adat seperti, Selametan Bubur Petaq di Bulan Muharram dan Selamaten Bubur Abang di Bulan Sya’ban. Ada juga ritual Minangin yang dilakukan dalam rangka persiapan khitanan atau perkawinan adat.

    Sumber: https://www.wisatadilombok.com/2015/01/masjid-kuno-bayan-masjid-tertua-di.html

    Desa Senaru juga dikenal sebagai tempat persebaran ajaran Islam Wetu Telu yang banyak dianut masyarakat Suku Sasak. Islam Wetu Telu adalah ajaran islam yang masih berpadu dengan praktik agama Hindu-Budha dan animisme. Kepercayaan tersebut telah berkembang sejak dulu, ditandai dengan adanya Masjid Kuno Bayan Beleq yang sudah berusia ratusan tahun. Saat ini masjid tersebut masih digunakan untuk acara-acara keagamaan seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

    Nah, gimana Sobat Digi? Tertarik untuk explore Desa Wisata Senaru lebih banyak lagi?

    Yuk, segera meluncur ke Desa Wisata Senaru. Jangan lupa pesan tiket Desa Wisata Senaru di DigiTiket. Sobat Digi akan diajak menelusuri berbagai destinasi wisata menarik bersama tour guide pilihan dari DigiTiket.  Untuk informasi lebih lengkap Sobat Digi bisa mengunjungi tautan berikut ini.

    Seperti peribahasa, sambil menyelam minum air. Sambil mendaki Gunung Rinjani, Sobat Digi bisa mengunjungi keelokan alam dan keunikan budaya Desa Wisata Senaru. 

    Leave A Comment

    Newsletter

    Subscribe to our newsletter to stay.