• Login
  • Desa Wisata

    Yuk Coba 5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Osing Kemiren!

    Banyuwangi yang sekarang sudah menjelma menjadi kota idaman yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang diberi julukan sebagai sunrise of java itu beberapa tahun belakangan ini kerap kali memikat hati para pelancong lokal maupun wisatawan manca negara. Bicara soal Banyuwangi, Sobat Digi tau nggak kalau ada desa wisata di sana yang ditetapkan sebagai cagar budaya? Nah kalau belum tau, kali ini Digimin akan mengulas desa wisata tersebut. Namanya adalah Desa Wisata Osing Kemiren, sebuah desa yang menjadi salah satu daya tarik Banyuwangi dalam menjaga kelestarian budayanya. 

    Seperti yang Digimin jelaskan sebelumnya, Desa Wisata Osing Kemiren atau Desa Adat Kemiren ini sudah terkenal di mata wisatawan sebagai desa yang berhasil melestarikan kebudayaan, tradisi, adat, sampai dengan ritual leluhur Suku Osing secara turun-temurun. 

    Desa Wisata Osing Kemiren memiliki bahasa tersendiri lho Sobat Digi, namanya adalah Bahasa (Jawa) Osing. Selain itu, desa ini juga punya keunikan lain, yaitu merupakan desa penghasil kopi dengan kualitas berkelas yang diolah dengan cara tradisional. Apa lagi ya yang membuat Desa Wisata Osing Kemiren begitu spesial di mata wisatawan? Dari pada penasaran yuk simak 5 kegiatan seru yang bisa Sobat Digi lakukan kalau menjelajahi Desa Wisata Osing Kemiren!

    1| Menikmati Indahnya Harmoni Tradisi Gedhogan Khas Banyuwangi



    (sumber : desakemiren.com)

    Ketika berkunjung ke Desa Wista Osing Kemiren, Sobat Digi akan melihat ibu-ibu yang sedang menumbuk hasil bumi seperti beras dan tepung, tradisi ini disebut sebagai Tradisi Gedhogan. Tradisi yang satu ini merupakan kegiatan yang turun-temurun dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang diterima. Di musim panen, para perempuan di Desa Osing menampilkan tradisi ini dengan cara beramai-ramai memukulkan lesung dan alu secara bergantian, hingga menghasilkan bunyi yang merdu. Kelihatannya simple ya Sobat Digi, tapi ternyata berseni tinggi!

    2| Menyaksikan Tradisi Barong Ider Bumi



    (sumber : instagram @desa_kemiren)

    Wujud barong bukan hanya bisa ditemui di Bali aja lho! Di Desa Wisata Osing Kemiren juga punya tradisi yang diberi nama Tradisi Barong Ider Bumi. Tradisi ini adalah sebuah ritual yang dipercaya dapat mengusir bahaya dan merupakan salah satu cara memohon kesuburan kepada Sang Maha Kuasa. Selain itu, tradisi ini juga merupakan ritual pensucian diri dari segala kesalahan yang dilakukan selama setahun dan penyembuhan terhadap wabah penyakit. 

    3| Belajar Membuat Kopi Tradisional



    (sumber: instagram @desa_kemiren)

    Buat Sobat Digi yang suka menyeduh kopi, aktivitas ini pastinya seru banget nih ketika berkunjung ke Desa Wisata Osing Kemiren. Hasil panen kopi yang melimpah ruah, membuat Desa Osing dilengkapi oleh beberapa kafe yang menyediakan kopi dengan rasa khas Osing yang terkenal nikmat dan wangi. Sobat Digi juga bisa ikut belajar membuat kopi sendiri lho! Mulai dari menumbuk, menyangrai, menyaring biji kopi, dan juga cara menyajikan secangkir kopi, akan diajarkan di sana. Serunya lagi, Sobat Digi mempelajari itu dengan teknik tradisional, yaitu menyangrai kopi dengan menggunakan wajan bertungku tanah liat. Jadi, aroma kopi yang dihasilkan pun akan menjadi lebih lembut akibat pengaruh kayu bakar yang digunakan. Pengalaman baru yang nggak boleh ketinggalan untuk dicoba nih Sobat Digi!

    4| Mengunjungi Rumah Adat Suku Osing



    (sumber : instagram @desa_kemiren)

    Begitu memasuki kawasan desa, Sobat Digi akan disambut oleh rumah adat Suku Osing di kedua sisi jalan. Keunikan rumah adat ini terletak pada pintunya yang dihiasi oleh ukiran kayu, serta bentuk atap yang khas. Ada 3 jenias desain atap yang dikenal di tiap rumah, ada tikel balung (atap 4 sisi), baresan (atap 3 sisi), dan crocogan (atap 2 sisi). 

    5| Ikut Merasakan Sensasi Memasak di Dapur Suku Osing yang Autentik



    (sumber : instagram @desa_kemiren)

    Kalau berkunjung ke Desa Wisata Osing Kemiren, jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner lokalnya ya Sobat Digi! Menu andalan yang bisa Sobat Digi coba adalah pecel pitik (ayam), tahu walik, dan uyah asem (ayam kuah asam) khas Osing. Bukan hanya itu saja, kalau berkesempatan, Sobat Digi juga bisa ikutan memasak di dapur Suku Osing lho! Cobain yuk sensasi memasak tradisional menggunakan kayu dan tungku di dapur Suku Osing!

    Nah itu dia tadi kegiatan seru yang bisa Sobat Digi lakukan ketika mengunjungi Desa Wisata Osing Kemiren. Pastinya Sobat Digi jadi punya rencana ketika hendak menikmati pesona desa wisata yang dibalut dengan budaya tradisional. Tentu Desa Wisata Osing Kemiren lah tujuannya! Nggak pakai ribet, Sobat Digi bisa langsung membeli tiket masuk ke kawasan Desa Wisata Osing Kemiren sekarang juga. Selain itu, Sobat Digi juga bisa membeli tiket kunjungan untuk masuk ke desa wisata lainnya melalui website resmi DigiTiket

    Leave A Comment