• Login
  • Virtual Tour

    Virtual Tour Mekkah dan Madinah: Dari Masjid Terbesar di Dunia Sampai Belanja Kurma di Pusatnya!

    Hai hai Sobat Digi! Hari ini Digimin lagi seneng banget, tau nggak kenapa? Karena Digimin bakalan kasih artikel virtual tour dari dua kota suci umat islam yang ada di dunia ini. Yap betul banget! Digimin akan ajak kalian Virtual Tour Mekkah dan Madinah melalui cerita yang dikemas dalam sebuah artikel. Yuk langsung aja simak artikelnya berikut ini!

    Masjid Nabawi

    (sumber: umroh.com)

    Salah satu tempat ibadah yang paling suci bagi umat muslim di dunia yaitu ada Masjid Nabawi yang teretak di Kota Madinah. Sobat Digi tau nggak sih kalau Masjid Nabawi adalah salah satu masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Luasnya yang mencapai 1.452 meter persegi menjadikan Masjid Nabawi sebagai masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Di awal pendiriannya, Masjid Nabawi dijadikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat, majelis, hingga sekolah agama.

    Makam Nabi Muhammad SAW

    (sumber: 99.co)

    Masjid Nabawi yang kita tahu kesuciannya, di dalamnya juga terdapat makam Nabi Muhammad SAW dan merupakan salah satu tempat istimewa di Tanah Suci Madinah. Dulunya tempat ini adalah kamar Rasulullah dan istrinya, Aisyah RA. Di sampingnya ada makam sahabat Nabi yaitu Abu Bakar Ash-Shidiq dan Umar bin Khattab.

    Masjid Quba

    (sumber: gontornews)

    Masjid Quba terletak di Jalan Hijrah yang menghubungkan Madinah dengan Makkah dan berjarak sekitar 3,5 km dari selatan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ketika ia tiba di Madinah setelah berhijrah dari Mekkah. Konon, Masjid Quba juga menjadi tempat salat Jumat pertama yang ada di bumi.

    Jabal Uhud

    (sumber: okezone)

    Ada satu gunung yang menjadi saksi bisu peperangan hebat antara kaum muslimin dan kaum musyrik Quraisy, yaitu bernama Jabal Uhud. Gunung yang menyendiri dan tidak tersambung dengan gugusan gunung lain ini memiliki nilai spiritual dan sejarah bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Letaknya berada di 4,5 km sebelah utara kota Madinah dengan struktur batuan yang membentuknya berupa granit, marmer, dan batuan mulia lainnya. 

    Pasar Kurma Madinah

    (sumber: twitter @radioelshinta)

    Duhh, ke Madinah belum lengkap rasanya kalau belum membeli buah khas Arab Saudi yaitu kurma. Pusat pemasaran buah kurma ada di Pasar Kurma Madinah yang menjual berbagai macam jenis kurma, mulai dari kurma ajwa, kurma aruna, sampai dengan biskuit yang terbuat dari kurma. Pasar Kurma Madinah berlokasi sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi dan beroperasi mulai dari pukul 07.00 waktu Arab Saudi hingga 23.00.

    Masjidil Haram

    (sumber: umroh.com)

    Masjid al-Haram atau yang lebih dikenal dengan Masjidil Haram di Kota Mekkah merupakan tempat paling suci bagi umat islam. Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka'bah yang menjadi kiblat bagi muslim di seluruh dunia saat beribadah. Oiya Sobat Digi, kalau dilihat dari luar angkasa, Masjidil Haram dan Ka'bah merupakan satu titik paling terang diantara bagian bumi lainnya. Beberapa fakta menarik lainnya dari masjid ini yaitu lantainya selalu terasa sejuk, mempunyai 20 muadzin, sampai dengan adanya peraturan pesawat dilarang melintas di atas Ka'bah. 

    Ka'bah

    (sumber: IDX channel)

    Bangunan berbentuk persegi yang menyerupai sebuah ruangan besar dan terletak di tengah-tengah Masjidil Haram, itulah Ka'bah. Bagi umat Islam, posisi Ka'bah adalah arah kiblat. Karenanya, di Masjidil Haram dan sekitarnya, posisi kilbat dalam shalat berbeda-beda. Bangunan Ka'bah beberapa kali disebutkan dalam Alquran dan Hadits, seperti Bait (Rumah), Bait ul Haram (Rumah Suci), Bait Ullah (Rumah Allah), Bait al-Ateeq (Rumah Tua), dan Awal ul Bait (Rumah pertama).

    Bukit Shafa Marwah

    (sumber: moeslim.com)

    Bukit Shafa dan Marwah adalah dua buah bukit yang terletak dekat dengan Ka'bah. Bukit Shafa dan Marwah ini memiliki sejarah yang sangat penting dalam dunia Islam, khususnya dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Bukit Shafa dan Marwah yang berjarak sekitar 450 meter itu, menjadi salah satu dari rukun haji dan umrah, yakni melaksanakan Sa'i. Kedua bukit suci ini juga kerap kali dijadikan sebagai simbol manusia untuk berusaha. 

    Padang Arafah

    (sumber: sekolahumroh)

    Arafah, tempat ini menjadi puncak dan pertemuan bagi jemaah haji di seluruh dunia. Di tempat ini juga berlangsung wukuf pada tanggal 9 Dzulhijah yang menjadi inti ibadah haji. Kata Arafah diambil dari akar kata yang memiliki arti mengenal atau mengakui karena di sini manusia seharusnya mengenal jati diri dan menyadari dosa-dosanya. 

    Jabal Rahmah

    (sumber: detiktravel)

    Jabal Rahmah adalah salah satu gunung yang terkenal di Makkah. Gunung ini termasuk lokasi yang paling terkenal di Arafah setelah Masjid Namirah. Terletak di jalan antara Makkah dan Thaif, Jabal Rahmah seringkali dijadikan tempat pemberhentian jamaah haji pada saat wuquf meneladani Nabi Muhammad SAW. 

    Yap! Itu dia tadi virtual tour kita melalui artikel tentang Kota Mekkah dan Madinah. Sobat Digi adakah yang punya impian untuk bisa menginjakkan kaki dan beribadah di sini? Kalau ada, semoga jalan kalian selalu dimudahkan yaa. Sekarang Sobat Digi sudah bisa membeli tiket masuk untuk ikut Virtual Tour Mekkah dan Madinah lho! Selain itu, Sobat Digi juga bisa membeli tiket virtual tour lainnya melalui website resmi DigiTiket

    Leave A Comment