• Login
  • Desa Wisata

    Ingin Wisata Budaya di Cirebon? Yuk Visit Desa Wisata Gegesik Kulon!

    Sobat Digi! Ketika kita datang ke suatu daerah, apa ya yang ingin kita ketahui lebih lanjut? Pasti diantaranya ada kuliner, wisata alam, atau kearifan lokal yang mendarah daging seperti kesenian yang dilestarikan secara turun-temurun. Dapat dikatakan, seni dan budaya merupakan identitas dan jiwa dari sebuah daerah. Nah, kalau kita berbicara mengenai seni dan budaya di Tanah Sunda, rasanya nggak ada habisnya ya saking banyaknya. Rekam jejak historis melengkapi seni dan budaya yang tumbuh di sana, sama seperti di Desa Wisata Gegesik Kulon yang berwarna karena keragaman seni dan budayanya!

    Menyaran dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Gegesik Kulon merupakan salah satu desa di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Dengan luas wilayah sekitar 402 hektar, desa ini didiami oleh 5.783 jiwa dengan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Eits, meskipun sektor agraris menjadi yang utama dalam perekonomian di sana, Desa Wisata Gegesik Kulon dijuluki Kampung Seniman karena penduduknya yang begitu mencintai seni dan budaya khas di sana. Meskipun minim wisata alam, dedikasi akan merawat seni dan budaya Sunda di desa wisata ini patut diapresiasi sebagai aset bangsa.

    Ya, profesi seniman dan wiraswasta adalah dua pekerjaan lainnya yang dilakukan oleh penduduk Desa Wisata Gegesik Kulon. Setiap tahun selalu ada perayaan seni dan budaya yang menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Penasaran 'kan, seni dan budaya apa saja yang bisa kamu dapatkan di sana? Yuk ikut DigiMin eksplor beberapa wisata budaya yang ada di Desa Wisata Gegesik Kulon!

    1. Tradisi Mapag Sri, Panen Raya, dan Barikan

    Mapag Sri
    Tradisi Mapag Sri di Cirebon (sumber: radarcirebon)

    Kayaknya setiap daerah di Indonesia punya tradisi panen raya, ya, Sobat Digi. Di Cirebon, ada tradisi Mapag Sri. Mapag Sri berasal dari bahasa Jawa halus, mapag berarti menjemput, dan Sri yang memiliki arti yaitu padi. Menjemput padi menjadi istilah lain dari panen. Ada juga tradisi panen raya sebagai rasa syukur atas hasil panen yang didapatkan. Selain itu, kamu juga bisa lihat sedekah yang bumi yang dilakukan ketika hasil panen sedang baik. Sebagai penolak bala atau bencana, penduduk di sana melakukan tradisi Barikan.

    2. Kesenian Wayang Kulit Cirebon

    Wayang Kulit Cirebon
    Pembuatan Wayang Kulit Cirebon (sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id)

    Sobat Digi yang suka dengan wayang kulit dan gemar nonton pertunjukannya, wajib hadir nih ketika ada pementasan Wayang Kulit Cirebon di Desa Wisata Gegesik Kulon. Wayang Kulit juga menjadi puncak perayaan dari Mapag Sri, Panen Raya, dan Barikan. Karena kecintaan pada seni yang melekat, para seniman yang lebih dahulu berkecimpung mewariskan ini pada anak-anak dan kawula muda yang mahir mementaskan Wayang Kulit Cirebon. Desa Wisata Gegesik Kulon juga membuka pelatihan membuat Wayang Kulit Tatah Sungging bagi wisatawan, lho!

    3. Tari Topeng Lima Wanda dan Rampak Kendang Sanggar Griya Super

    Tari Topeng
    Tari Topeng Lima Wanda yang Penuh Filosofi (sumber: bingarkan.wordpress.com)

    Dilansir dari indonesia.travel, Tari Topeng Lima Wanda dan Rampak Kendang dari Sanggar Griya Super ini biasa ditampilkan untuk menyambut tamu yang bertandang ke Desa Wisata Gegesik Kulon. Di sana, ada beberapa sanggar yang mengajarkan seni dan budaya khas, salah satunya Sanggar Griya Super. Kalau Sobat Digi yang bertamu ke Desa Wisata Gegesik Kulon memiliki waktu yang banyak dan tertarik untuk ikut pelatihan selama 4 bulan, boleh banget nih untuk daftar, agar makin tahu persiapan hingga pementasan untuk Seni Rampak Kendang.

    Rampak Kendang

    Rampak Kendang, salah satu kebanggaan Jawa Barat (sumber: infobudaya.net)

    4. Kerajinan Ukiran Kayu Jati

    Ukiran Kayu Gegesik Kulon
    Salah satu ukiran kayu berkualitas tinggi di Desa Wisata Gegesik Kulon
    (sumber: Saluran YouTube Kemenparekraf)

    Kamu yang suka dengan ukiran kayu yang dapat mempercantik tampilan rumah, jangan lupa datang ke Desa Wisata Gegesik Kulon. Di desa ini, kamu akan mendapatkan pengalaman edukatif seputar ukiran kayu sampai cara mengukirnya juga, Sobat Digi. Asyik, 'kan? Sebagai informasi, kerajinan ukiran kayu Desa Wisata Gegesik Kulon merupakan salah satu yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Makin nggak ragu deh untuk beli cendera mata ukiran kayu di sini!

    Nah, gimana Sobat Digi? Semakin tertarik untuk berkunjung ke Desa Wisata Gegesik Kulon, bukan? Yuk atur jadwal kamu untuk visit dan pesan tiketnya sekarang! Tiket Desa Wisata Gegesik Kulon bisa kamu dapatkan dengan mudah di DigiTiket. Dengan berwisata ke desa wisata, kamu turut mendongkrak sektor pariwisata yang sempat lesu karena pandemi. Jangan lupa prokesnya agar liburan kamu aman dan menyenangkan!

     

    Leave A Comment