• Login
  • Desa Wisata

    Mau Wisata Dengan Nuansa Budaya? Ke Desa Wisata Cikakak Aja!

    Hai hai Sobat Digi! Apa kabar kalian? Semoga Sobat Digi selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan setiap saat yaa. Sudah lama nih Digimin nggak membahas desa wisata yang ada di Indonesia. Pas banget, kali ini Digimin akan mengulas salah satu desa wisata yang ada di Banyumas. Desa ini berhasil memperoleh juara ketiga desa wisata terbaik kategori souvenir di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021. Waah keren banget ya Sobat Digi! Nama desa wisata yang sedari tadi Digimin bahas adalah Desa Wisata Cikakak. Pengen tau lebih banyak lagi tentang Desa Wisata Cikakak? Simak selengkapnya di artikel berikut ini, check it out!

    Tentang Desa Wisata Cikakak

    (sumber: Pos Jateng ID)

    Desa Wisata Cikakak merupakan salah satu dari 12 desa yang ada di wilayah Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Desa dengan luas 595.400 hektare ini letaknya kurang lebih 25 kilometer ke arah barat Kota Purwokerto. Penduduk Desa Cikakak berkisar 5.000 jiwa dan sebagian besar di antara mereka berprofesi sebagai petani. Letak desa yang masuk ke dalam wilayah pegunungan membuat Desa Wisata Cikakak masih terasa sejuk dan bebas dari asap serta hiruk pikuk ramainya perkotaan. Dikutip dari jejaring Desa Wisata Kemenparekraf, Desa Wisata Cikakak menyimpan kekayaan budaya yang masih terpelihara hingga saat ini. Desa ini juga memiliki tempat bersejarah atau situs budaya yang selanjutnya akan kita bahas bersama-sama setelah ini.

    Masjid Saka Tunggal

    (sumber: mesjidsakatunggal.blogspot)


    Di Desa Wisata Cikakak, berdiri salah satu masjid tertua di Indonesia yang bernama Masjid Saka Tunggal. Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Baitussalam ini dipercaya oleh masyarakat sudah berdiri sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu lho Sobat Digi! Dirintis oleh K.H Mustholih, Masjid Saka Tunggal terkenal unik karena banyaknya monyet yang berkeliaran di sekitar lokasinya. Yang menjadi pembeda diantara Masjid Saka Tunggal dengan masjid lainnya adalah empat helai sayap dari kayu di dalam saka yang melambangkan "papat kiblat lima pancet" atau empat mata angin di satu pusat dan menggunakan atap sirap kayu. Material dinding masjid awalnya adalah kayu dan anyaman bambu, namun dilakukan penambahan dinding bata untuk eksterior masjid dengan tujuan pemeliharaan. Ornamen-ornamen yang terdapat dalam masjid ini sangat kental dengan simbol nilai-nilai Islam yang bersinergi dengan adat-istiadat Jawa. Hal ini menggambarkan harmonisasi Islam dengan budaya lokal yang sudah ada sebelumnya. 

    Embung Sabang Maz

    (sumber: desawisatacikakak.com)


    Siapa nih di antara Sobat Digi yang punya hobi memancing? Nah tempat wisata yang satu ini cocok banget nih buat kamu! Sensasi memancing di sini tidak seperti biasanya, sebab Sobat Digi bisa mendapatkan dua momen sekaligus yaitu memancing dan juga menikmati suasana persawahan. Berlokasi di Desa Cikakak, RT 01/RW 05, Embung Sabang Maz merupakan area tadah hujan yang berfungsi untuk mengairi persawahan. Pada awal tahun 2020, pemerintah memberikan perintah kepada desa untuk memultifungsikan embung selain sebagai perairan sawah sekaligus sebagai tempat pemancingan untuk dijadikan atraksi agrowisata di wilayah Desa Cikakak. Jenis ikan yang ada di dalam Embung Sabang Maz adalah ikan lele dan patin yang bisa Sobat Digi dapatkan dengan mengaitkan pancingan dengan cacing. Waah seru banget yaa!

    Pasar Wisata Antap

    (sumber: detikfood)


    Kunjungan ke Desa Cikakak kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner tradisional khas desanya. Pasar Wisata Antap menjadi tempat yang harus dikunjungi untuk berburu berbagai macam kuliner di Desa Wisata Cikakak. Salah satu kuliner khas Desa Cikakak adalah Ayam Gechok. Makanan ini berbahan dasar ayam kampung yang dipanggang lalu disiram dengan santan yang sudah diberi bumbu khas Cikakak lalu disajikan dengan Nasi Penggel dan kemudian dibungkus menggunakan daun jati. 

    Yap! Itu dia tadi serba-serbi mengenai Desa Wisata Cikakak. Sobat Digi bisa melakukan banyak hal mulai dari belajar budaya melalui Masjid Saka Tunggal, memancing di Embung Sabang Maz, hingga menikmati kuliner khas Desa Wisata Cikakak di Pasar Wisata Antap. Oiya, Sobat Digi sudah bisa membeli tiket masuk ke Desa Wisata Cikakak sekarang juga. Selain itu, Sobat Digi juga bisa membeli tiket masuk ke desa wisata lainnya melalui website resmi DigiTiket.

    Leave A Comment